Selamat Datang di Gudang Soal untuk tingkat smk sederajat. Ini adalah kumpulan soal untuk anak pemasaran yang saya rangkum baik dari pelajaran sekolah maupun dari beberapa sumber soal Maaf karena soal terbatas. Untuk kedepannya saya akan menambahkan soal lagi. Semoga bermanfaat. Guyss..!
1. Mengapa pemasar atau manajemen perusahaan memerlukan informasi yang tepat dan akurat tentang produk yang akan dijual, konsumen dan pesaing serta potensi pasar?
Jawaban : Informasi yang tepat dan akurat diperlukan dalam mengambil sebuah keputusan jangka pendek maupun jangka panjang dengan maksud untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari sebuah usaha.
2. Bagian selain bagian Marketing adalah merupakan pendukung dari bagian pemasaran, coba sebutkan alasannya?
Jawaban: Karena suksesnya bagian pemasaran merupakan kesuksesan bagianbagian lain dari perusahaan tersebut karena didukung oleh bagianbagian lain dari perusahaan.
3. Mengapa bagian marketing sering disebut jantung dari perusahaan?
Jawaban: Karena Bagian Marketing hidup matinya perusahaan, jika penjualan menurun maka perusahaan akan lesu, dan sebaliknya jika bagian marketing dapat memesarkan produk secara sukses maka perusahaan akan bergairah dan akan berjalan sesuai dengan mestinya
4. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada diperusahaan?
Jawaban: Bagian yang ada diperusahaan pada umum nya yaitu bagian marketing, bagian akuntansi, bagian keuangan, bagian produksi, bagian gudang, dan bagian service. Pada perusahaan yang besar organisasi akan semakin komplek akan lebih banyak perusahaan membentuk bagian-bagian di perusahaan, pada perusahaan kecil mungkin bagian-bagian pada perusahaan semakin sederhana. Bagian-bagian yang ada diperusahaan tergantung kebutuhan yang ditafsirkan oleh manajemen
5. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada dibagian pemasaran?
Jawaban: Bagian marketing pada umumnya terdiri dari riset pasar, promosi, iklan, penjualan, distribusi dan layanan purna jual.
6. Mengapa riset pasar merupakan bagian terpenting dari bagian pemasaran?
Jawaban: adalah karena data dari riset pasar merupakan dasar keputusan manajemen diantaranya adalah pertama untuk menentukan Perlakukan produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan. Kedua untuk menetukan Produk atau jasa baru yang akan di luncurkan (launching).
7. Coba jelaskan apa yang dimaksud analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar? dan cari referensi dari buku lain tentang analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar.
Jawaban: Analisa adalah suatu kegiatan untuk mencermati dan mengamati secara terperinci sesuatu objek dengan cara menguraikan unsurunsur pembentuknya atau penyusunnya untuk di kaji lebih lanjut. Sesuatu objek adalah produk dan data calon pelanggan berupa prilaku, keinginan dll yang berhubungan dengan produk dan layanan. Riset adalah suatu proses investigasi yang dilakukan secara aktif, teliti, tekun, dan sistematis, bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan atau menafsirkan, dan merevisi atau menelaah yang baik dan yang buruk data atau informasi. Pasar adalah salah satu dari berbagai alur yang beraturan (sistem), institusi atau lembaga, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur (tempat) dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Analisa riset pasar adalah suatu rancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis pasar) yang dihadapai para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil riset dengan maksud untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran
8. Sebutkan tahapan dari Riset Pasar?
Jawaban: Rancangan artinya merancang dengan mendifinisikan masalah dan Sasaran Riset Mengembangkan rencana riset Pengumpulan artinya mengumpulkan data atau informasi Analisis artinya menganalisis data atau informasi yang diperoleh Pelaporan artinya menyajikan hasil dari riset pasar temuan-temuan dari hasil riset pasar. Informasi dari hasil laporan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.
9. Siapa yang melakukan riset pasar?
Jawaban: Perusahaan atau lembaga dan perorangan yang membutuhkan data atau informasi mengenai barang atau jasa yang akan dijual atau barang yang akan di pasarkan.
10. Apakah riset pasar merupakan peluang usaha atau peluang pekerjaan, mengapa?
Jawaban: Riset Pasar dibutuhkan oleh setiap perusahaan, pemasar dan yang membutuhkan informasi tentang konsumen yang akan membeli produk atau jasa yang dibutuhkan, dengan demikian yang membutuhkan informasi tersebut membutuhkan seorang periset sebagai karyawan maupun konsultan periset.
11. Riset pasar bagi perusahaan kecil atau perusahaan perorangan dapat dilakukan sendiri karena keterbatasan dana, sebutkan tahap-tahap riset yang dilakukan sendiri?
Jawaban: Merancang sendiri proyek riset. Memanfaatkan tehnologi yaitu internet. Dengan internet dapat mengunjungi website dan tanggapan dari produk pesaing Mengunjungi dan mengamati produk-produk pesaing misalnya ke pasar-pasar tradisional maupun pasar modern atau jenis-jenis pasar lainnya yang disebutkan diatas.
Pada tahun 2020 ini PT Sinar Surya berencana untuk mengembangkan usaha baru dalam bidang keramik. Pada saat pandemi seperti ini pertumbuhan permintaan atas tanaman hias meningkat pesat. Kondisi ini mengakibatkan permintaan atas pot bunga juga semakin tinggi. Walaupun pada saat ini banyak ditawarkan pot Bunga dari bahan plastik, namun permintaan atas pot Bungan bahan tanah liat tidak menurun bahkan cenderung terus meningkat. Disamping pot bunga untuk tanaman hias, PT Sinar Surya juga merencanakan untuk memproduksi pajangan-pajangan berbahan keramik. Pada lokasi saat ini persediaan bahan baku yang ada hanya untuk durasi 3 tahun kedepan dengan jumlah bahan baku dasar sebesar 400 kg per bulan. Bahan baku yang digunakan untuk memproduksi pot Bungan dua kali lebih besar daripada memproduksi pajangan. Sementara waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan pot Bunga 0,75 dari waktu pembuatan pajangan dengan waktu kerja mesin selama 1 bulan adalah 240 jam. Biaya variable pot Bunga adalah sebesar Rp. 30.000 sedangkan pajangan sebesar Rp. 40.000. Sedangkan harga jual Pot Bunga sebesar Rp. 50.000 dan pajangan sebesar Rp.70.000,- Pada tahun 2020 ini permintaan atas produksi pot bunga PT Sinar Surya semakin meningkat, bahkan sudah melebihi kapasitas produksi yang dimiliki. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen ini PT Sinar Surya bekerja sama dengan PT Terang Bulan yang berada di Bekasi serta PT Lampu Pijar yang berada di Kerawang. Sementara PT Sinar Surya sendiri berada di Kabupaten Bogor. Sedangkan konsumen PT Sinar Surya ada di tiga daerah berikut ini yaitu Jakarta, Serang dan Bandung. Kapasitas produksi, kebutuhan dan biaya transportasi untuk masing-masing wilayah adalah sebagai berikut. Sementara Biaya transportasi per unit dari PT sinar Surya kepada para konsumen adalah 2 untuk tujuan Jakarta, 3 untuk wilayah Serang dan 5 dengan tujuan Bandung. Perusahaan Unit Biaya Transportasi per unit Jakarta Serang Bandung PT Lampu Pijar 600 4 5 7 PT Terang Bulan 500 3 6 8 Volume 500 450 550 Pada saat ini perusahaan memiliki hanya satu orang karyawan yang melayani pembelian, melihat pertumbuhan jumlah pembeli yang datang perusahaan mempertimbangkan untuk menambah satu orang karyawan Kembali. Berikut ini data jumlah kedatangan pembeli serta kapasitas layanan yang mampu diberikan oleh masing2 karyawan. Mempertimbangkan kondisi pasar serta rencana pengembangan pasar ke LN, Pada tahun 2021 PT Sinar Surya merencanakan untuk melakukan pengendalian kualitas pada setiap produknya, untuk itu semua produk dari rekanan akan disimpan dan distribusi melalui gudang penyimpanan PT Sinar Surya sendiri. Untuk itu PT Sinar Mas akan menentukan rekan utama dari PT Sinar Surya sebagai mitra dalam pemenuhan permintaan pasar. Adapun permintaan pasar untuk pot bunga tahun 2021 adalah sebesar 900 buah per bulan, dengan biaya simpan sebesar 3000 per unit per tahun serta biaya pemesanan sebesar Rp. 25.000 Per pemesanan Catatan= semua soal yang ada salin terkait bila ada informasi yang kurang pada satu soal bisa saja informasi tersebut berasal atau ada dari jawaban soal lainnya. Jadi harap teliti dan kerjakn dengan baik serta seksama,
BalasHapus1. Dari kasus PT Sinar Surya hitung tingkat pemesanan ekonomis yang harus dilakukan, jumlah pemesanan dalam setahun, waktu pemesanan bila diketahui waktu kerja dalam setahun selama 240 serta hitung tingkat pemakaian per hari. Bila diketahui lead time selama 10 hari tentukan kapan waktu pemesanan dilakukan
2. Dari Kasus PT Sinar Surya di atas, Gunakan metode linier programming untuk menghitung keuntungan maksimum yang dapat diperoleh oleh PT Sinar surya.
3. Hitung jumlah distribusi dari masing wilayah termasuk dari PT Sinar Surya sendiri dengan menggunakan metode north west corner?
4. Hitung tingkat kesibukan sistem yang ada pada saat ini, Jumlah rata-rata konsumen dalam antrian, waktu pelanggan dalam garis tunggu serta waktu pelanggan dalam sistem.
tolong di jawab kah
BalasHapusLucky Club | Live! Casino Site | Lucky Club
BalasHapusLucky Club is the official website for all Lucky Clubs players, offering exciting games and the chance to win big! ☝ SIGN IN ▻ luckyclub https://luckyclub.com☆/
BetMGM casino chip review - JTM Hub
BalasHapusBetMGM online 순천 출장샵 casino chip review. All your favorite slots, table games, video poker, video 아산 출장안마 poker, 강릉 출장샵 roulette, scratch card 김천 출장샵 games. Get the full review! 바카라 사이트 승리바카라